Panduan Pelaksanaan Lomba
dalam Rangkaian Kongres Rohis Nasional I
Panduan Pelaksanaan Lomba
dalam Rangkaian Kongres Rohis Nasional I
PERSYARATAN UMUM PESERTA
Peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang sedang menempuh pendidikan pada jenjang SMA/SMALB/SMK dan berdomisili di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI);
Peserta lomba merupakan murid aktif kelas X dan/atau kelas XI yang berkelakuan baik, dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Sekolah (unduh contoh surat);
Untuk lomba Brand Ambassador Rohis, peserta wajib berstatus sebagai pengurus dan/atau anggota aktif Rohis yang dibuktikan dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah (unduh contoh surat);
Mengikuti tahap pelatihan dan pembekalan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI, yang dibuktikan dengan Sertifikat Pelatihan dan Pembekalan yang dikeluarkan oleh panitia penyelenggara;
Peserta wajib membuat Surat Pernyataan Keaslian Hasil Karya yang ditandatangani di atas meterai 10.000. Untuk lomba Cipta Jingle Rohis dan Social Media Challange ditandatangani oleh koordinator kelompok. (unduh contoh surat);
Peserta hanya boleh mengikuti 1 cabang lomba, jika ditemukan peserta dengan karya ganda, maka yang akan dinilai adalah karya yang diunggah lebih awal;
Pendaftaran peserta, pengiriman link video hasil karya dan surat kelengkapan administrasi peserta dilakukan melalui laman https://www.lomba.rohisnasional.id
Seluruh finalis lomba wajib mengikuti kegiatan puncak Kongres Rohis Nasional I sampai dengan selesai;
ALUR LOMBA
Publikasi dan Sosialisasi Lomba : 10 Oktober 2025
Pendaftaran : 10 - 19 Oktober 2025
Pelatihan dan Pembekalan : 20 Oktober 2025
Technical Meeting : 20 Oktober 2025
Pengumpulan Karya Lomba : 20 Oktober - 5 November 2025
Penilaian Babak Penyisihan : 6 - 8 November 2025
Pengumuman Babak Penyisihan : 9 November 2025
Final lomba dan Pengumuman Pemenang : 12 - 15 November 2025
PELATIHAN DAN PEMBEKALAN
Peserta lomba wajib mengikuti pelatihan dan pembekalan. Pelatihan dan Pembekalan dilaksanakan secara online/daring melalui:
https://www.lomba.rohisnasional.id/pembekalan
Tujuan pelatihan dan pembekalan adalah untuk memperkuat nilai-nilai:
Sembilan Nilai Kerohanian Islam (SNR) yang terdiri dari: Cinta Qur’an dan Hadis, Cinta Ibadah, Cinta Orang tua dan Guru, Cinta Tanah Air, Cinta Belajar, Cinta Diri dan Sahabat, Cinta Damai, Cinta Lingkungan, dan Cinta Inovasi;
Lima Dimensi Cinta yang meliputi: Cinta kepada Allah Swt. dan Rasul-Nya, Cinta Diri dan Sesama, Cinta Ilmu Pengetahuan, Cinta Lingkungan, dan Cinta Tanah Air;
Moderasi Beragama;
Pengembangan Minat dan Bakat murid SMA/SMALB/SMK; dan
Aturan teknis lomba Brand Ambassador Rohis, Cipta Jingle Rohis, dan Social Media Challenge.
KETENTUAN LOMBA BRAND AMBASSADOR
Lomba Brand Ambassador Rohis adalah ajang pemilihan duta Rohis tingkat nasional. Lomba ini bertujuan untuk memilih perwakilan yang akan menjadi representasi Rohis dalam mensyiarkan nilai-nilai keislaman di sekolah.
a. Mekanisme Lomba
Peserta lomba adalah perwakilan dari tiap provinsi dengan kuota masing-masing 1 putra dan 1 putri;
Babak penyisihan dilakukan secara daring dalam bentuk penilaian video peserta;
Babak penyisihan menghasilkan 6 finalis (3 laki-laki dan 3 perempuan), yang akan diumumkan pada 9 November 2025 melalui web www.rohisnasional.id dan Instagram resmi Rohis Kementerian Agama: @sahabatrohisindonesia. Pemberitahuan resmi juga akan disampaikan panitia melalui Kanwil Kementerian Agama Provinsi;
6 finalis akan diundang oleh panitia untuk mengikuti babak final bersamaan dengan pelaksanaan Kongres Rohis Nasional I Tahun 2025;
Pada babak final, para finalis akan diminta untuk mempresentasikan keaslian karyanya di hadapan dewan juri;
Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat;
b. Materi atau Tema
Literasi Cinta Wakaf;
Sembilan Nilai Kerohanian Islam (SNR);
Lima Dimensi Cinta;
Moderasi Beragama;
Risalah Ekologis.
c. Ketentuan Teknis
Durasi video maksimal 3 menit;
Format video: Portrait;
Resolusi minimal 720p 30fps;
Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Boleh menggunakan bahasa daerah dengan disertai teks terjemahan (subtitle) bahasa Indonesia;
Video harus sesuai dengan tema, tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, ujaran kebencian, kekerasan, dan politik praktis;
Wajib menampilkan logo Kementerian Agama RI di pojok kiri atas layar;
Musik pengiring dan efek video lainnya yang digunakan harus bebas hak cipta atau disertai izin/kredit resmi;
Video diunggah melalui platform media sosial instagram official sekolah atau official rohis sekolah dengan meminta kolaborasi ke @sahabatrohisindonesia serta mencantumkan caption yang relate dengan karya serta hastag #kongresrohisnasional2025 #sahabatrohisindonesia;
d. Aspek Penilaian
Penampilan dan kepribadian;
Komunikasi dan public speaking;
Wawasan dan Intelegensi;
Karakter dan perilaku;
Kreativitas dan Inovasi;
Brand Image dan Representasi.
e. Hadiah dan Penghargaan
Untuk 6 (enam) pemenang lomba Brand Ambassador Rohis 2025 akan diberikan penghargaan hadiah senilai:
Juara I PA : Rp. 8.000.000,-
Juara I PI : Rp. 8.000.000’-
Juara II PA : Rp. 7.000.000,-
Juara II PI : Rp. 7.000.000,-
Juara III PA : Rp. 6.000.000,-
Juara III PI : Rp. 6.000.000,-
Selain menerima hadiah dalam bentuk uang, masing-masing pemenang juga akan menerima piagam penghargaan, medali dan plakat untuk sekolah;
KETENTUAN LOMBA CIPTA JINGLE ROHIS
Lomba Cipta Jingle Rohis adalah ajang untuk mencari bakat dan minat murid dalam mengekspresikan kemampuannya berupa lagu singkat atau musik pendek yang diciptakan untuk mewakili identitas, semangat, dan nilai-nilai Rohis.
a. Mekanisme Lomba
Peserta lomba adalah 1 Tim dengan jumlah 2-3 orang;
Babak penyisihan akan dilakukan secara daring dalam bentuk penilaian atas hasil karya yang dikirim oleh peserta;
Babak penyisihan menghasilkan 5 finalis yang akan diumumkan pada 9 November 2025 di web www.rohisnasional.id dan sosial media Instagram resmi Rohis Kementerian Agama: @sahabatrohisindonesia. Pemberitahuan resmi juga akan diinformasikan panitia melalui Kanwil Kementerian Agama Provinsi;
5 finalis akan diundang untuk mengikuti babak final bersamaan dengan pelaksanaan Kongres Rohis Nasional I Tahun 2025;
Pada babak final, para finalis akan diminta mempresentasikan keaslian karyanya di hadapan dewan juri;
Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat;
b. Materi atau Tema
Literasi Cinta Wakaf;
Sembilan Nilai Kerohanian Islam (SNR)
Lima Dimensi Cinta;
Moderasi Beragama;
Risalah Ekologis.
c. Ketentuan Lomba
Durasi Jingle minimal 30 detik dan maksimal 1 menit 30 detik;
Format audio (mp3/wav) atau video (mp4) dengan kualitas minimal 720p;
Melampirkan lirik jingle dalam file terpisah (Word/PDF);
Isi lirik mengandung semangat dakwah Islam, ukhuwah, dan syiar positif. Tidak mengandung SARA, ujaran kebencian, atau kata-kata yang tidak sesuai dengan norma kesopanan. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik atau campuran dengan bahasa daerah dan/atau bahasa Arab sederhana, disertai terjemahan (subtitle) dalam bahasa Indonesia;
Lirik jingle wajib memuat kalimat “Rohis Berkarakter, Moderat, Penuh Cinta”;
Musik/pengiring boleh acapella, musik akustik, atau instrumen digital. Tidak diperkenankan menggunakan instrumen yang bertentangan dengan nilai-nilai ajaran Islam. Orisinal (bukan plagiat dari lagu/jingle lain);
Karya merupakan ciptaan asli peserta. Belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan dalam lomba serupa. Hak cipta tetap pada peserta, namun panitia berhak menggunakan untuk kepentingan Rohis dan/atau Kementerian Agama;
Wajib menampilkan logo Kementerian Agama RI di pojok kiri atas layar;
Video diunggah melalui platform media sosial Instagram official sekolah atau official rohis sekolah dengan meminta kolaborasi ke @sahabatrohisindonesia serta mencantumkan caption yang relate dengan karya serta hastag #kongresrohisnasional2025 #sahabatrohisindonesia;
d. Aspek Penilaian
Kesesuaian tema dan pesan inspiratif tentang Rohis;
Kreativitas dan orisinalitas;
Kualitas lirik;
Kualitas musik dan vokal;
Kekompakan penampilan.
e. Hadiah dan Penghargaan
5 pemenang lomba Cipta Jingle Rohis akan diberikan penghargaan hadiah senilai:
Juara I : Rp. 10.000.000,-
Juara II : Rp. 8.000.000’-
Juara III : Rp. 7.000.000,-
Juara IV : Rp. 6.000.000,-
Juara V : Rp. 5.000.000,-
Selain menerima hadiah dalam bentuk uang, masing-masing pemenang juga akan menerima piagam penghargaan, medali dan plakat untuk sekolah.
KETENTUAN LOMBA SOCIAL MEDIA CHALLENGE
Lomba Social Media Challenge adalah ajakan yang dibuat di media sosial seperti TikTok, Instagram, X (Twitter), atau YouTube yang bertujuan untuk memperkenalkan rohis secara luas.
a. Mekanisme Lomba
Peserta lomba adalah terdiri dari 1 tim dengan jumlah personil 2-3 orang;
Babak penyisihan dilakukan secara daring dalam bentuk penilaian hasil karya peserta;
Dari babak penyisihan, akan didapatkan 5 finalis yang akan diumumkan pada 9 November 2025 di web www.rohisnasional.id dan media sosial Instagram resmi Rohis Kementerian Agama: @sahabatrohisindonesia. Informasi resmi juga akan disampaikan panitia melalui Kanwil Kementerian Agama Provinsi;
5 finalis akan diundang oleh panitia untuk mengikuti babak final bersamaan dengan pelaksanaan Kongres Rohis Nasional I Tahun 2025;
Pada babak final, para finalis akan diminta mempresentasikan keaslian karyanya di hadapan dewan juri;
Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
b. Materi atau Tema
Literasi Cinta Wakaf;
Sembilan Nilai Kerohanian Islam (SNR)
Lima Dimensi Cinta;
Moderasi Beragama;
Risalah Ekologis.
c. Ketentuan Teknis
Durasi video minimal 60 detik, maksimal 90 detik;
Format video: Portrait;
Resolusi minimal 720p 30fps;
Penggunaan musik wajib original atau non-copyright;
Wajib menampilkan logo Kementerian Agama RI di pojok kiri atas layar;
Menggunakan bahasa Indonesia yang baik, dan/atau menggunakan bahasa daerah disertai teks terjemah (subtitle) bahasa Indonesia;
Video di unggah di platform media sosial Instagram official sekolah atau official rohis sekolah dengan meminta kolaborasi ke @sahabatrohisindonesia serta mencantumkan caption yang relate dengan karya serta hastag #kongresrohisnasional2025 #sahabatrohisindonesia;
d. Aspek Penilaian
Kesesuaian Tema;
Kreativitas dan Orisinalitas;
Kualitas Konten;
Pesan/Isi Konten;
Interaksi dan engagement;
Etika dan kepatuhan bermedia sosial.
e. Hadiah dan Penghargaan
5 pemenang lomba Social Media Challenge akan mendapatkan hadiah senilai:
Juara I : Rp. 10.000.000,-
Juara II : Rp. 8.000.000’-
Juara III : Rp. 7.000.000,-
Juara IV : Rp. 6.000.000,-
Juara V : Rp. 5.000.000,-
Selain menerima hadiah dalam bentuk uang, masing-masing pemenang juga akan menerima piagam penghargaan, medali dan plakat untuk sekolah.